Kamis, 06 Desember 2012

BATUAN BEKU


Batuan beku
Batuan yang terbentuk akibat adanya pembekuan magma didalam bumi atau pembekuan lava di atas permukaan bumi. Kumpulan interlocking agregat mineral-mineral silikat hasil magma yang mendingin (wt. Huang, 1962)


Struktur batuan beku
Struktur batuan beku sebagian hanya dapat dilihat di lapangan seperti struktur pillow lava dan columnar joint, dan hanya sedikit yang dapat diamati pada hand speciement sample. Macam struktur batuan beku :
Masif            
Tidak menunjukkan adanya fragmen batuan lain yg tertanam dalam batuan.
 
Vesicular                     
Suatu struktur  ditandai adanya lubang- lubang dengan arah teratur. Lubang-lubang ini terbentuk akibat keluarnya gas dari dalam batuan akibat adanya proses pembekuan. 
Scoria                       
Struktur seperti vesicular tapi arah lubangnya tidak teratur.
Pillow lava
Struktur pada batuan ekstruksi, ukurannya antara 10 cm – 6 m dan jaraknya berdekatan. Struktur ini merupakan struktur khas bawah laut. Struktur ini terbentuk pada daerah mor (mid oceanic ridge) atau punggungan tengah samudra, dimana lava yang keluar akan bertemu dengan air laut. Akibat tekanan hidrostatis maka bentuknya membulat menyerupai bantal. Umumnya berasosiasi dengan sediment laut dalam seperti rijang dan batugamping merah.
Joint
Struktur yang ditandai oleh kekar-kekar yang tegak lurus arah aliran. Struktur ini dapat berkembang menjadi columnar joint.  Lava yang muncul ke permukaan keluar melalui kekar /rekahan pada batuan. Lava akan membentuk seperti tiang-tiang searah dengan arah kekar yang tegak lurus arah aliran sehingga struktur yang nampak berbentuk tabular.
Amigdaloidal
Struktur dimana lubang-lubang tempat keluarnya gas terisi oleh mineral-mineral sekunder (zeolit, karbonat, silika).
Xenolith
Struktur yang memperlihatkan adanya suatu fragmen batuan yang masuk/tertanam didalam batuan beku akibat peleburan tidak sempurna suatu batuan samping di dalam magma yang menerobos.
Autobreccia
Struktur pd lava yang memperlihatkan fragmen-fragmen dari lava itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar