Senin, 03 September 2012

TIPE-TIPE VEGETASI PERAIRAN TAWAR DAN ASIN DAERAH PEDALAMAN


PENGERTIAN
Rawa gelagah dan tipe vegetasi semi akuatik pemisahan habitat akuatik dari yang terestrial dan vegetasi karena adanya perbedaan faktor iklim yang merupakan utama dalam menentukan persebaran tipe-tipe vegetasi tertentuLimnologi  merupakan ilmu yang mempelajari air dengan daerah pedalaman, termasuk lingkungan dan semua organisme penghuni serta hubungannya yang bersifat timbal balik. Di dalamnya dibedakan antara:
  1. bentos tumbuh yang ada didalam dasar air.
  2. plankton tumbuh yang terapung bebas.
  3. nekton tumbuh yang berenang (secara aktif).
  4. kriofitik tumbuh yang hidup diatas salju dan es.


BENTOS
Alga terdapat pada dasar air baik yang bebas maupun melekat, yang biasanya lebih kecil dari organism lain. Organisme bentik dan sekutu-sekutunya terdapat dalam interfase antara air bebas dan dasar yang biasanya heterogen atau penutupnya yang hubungannya lebih rumit dari pada plankton, karena dasar danau dan tertutupi bahan yang berbeda-beda. Bagian profil yang melakukan fotosintesis dibedakan sebagai bersifat litoral dan dibagi menjadi 4 mintakat yaitu:
  1. Mintakat elitorial
  2. Mintakat sublitoral (lebih ekspensif)
  3. Mintakat infralitoral
  4. Mintakat frofundal



PLANKTON
Plankton merupakan organism yang terapung bebas dalam atau di permukaan air, secara kasar plankton dapat dibedakan dalam dua tipe yang masing masing disebut fitoplankton dan zooplankton.
Kategori  kategori utama plankton air tawar antara lain:
  1. Limnonplankton  terdapat di danaudan kolam
  2. Potamoplankton  dalam aliran sungai yang mengalir lambat
  3. krioplankton  yang hidup pada salju “neve”dan es abadi

  

KOMUNITAS KRIOFITIK
Komunitas yang hidup diatas salju dan es beberapa mirip dengan genangan  efemeral merupakan hasil peleburan es dan salju, Kehidupan alga salju berwarna merah chlammydomonas (Sphaerella) nivalissering  terdapat pada genangan air es. Kriofita biasanya diklasifikasikan dalam prefensi terhadap lingkungannya:
  1. Tumbuh di atas es  (Mesotenium Berggrenii)
  2. Tumbuh di atas salju dan neve (Chlamydomonas nivalis)
  3. Tumbuh di atas es dan salju (Cylindroscytis brebissonii)
  4. Tumbuh pada trasnportrasi normal pada es dan salju (Cynophyceae)


Biasanya hanya ada satu kriofita yang menonjol pada suatu komunitas membrikan warna yang khas pada permuakan es salju tersebut. Selain tumbuhan ada juga hewannya yang disebut lalat salju. Sebagian besar  kroifita darat terdiri atas alga hijau (Clorophyceae) namun ada juga yang  warna merah dan kuning dipengaruhi oleh keadaan lingkungan

 

RAWA DAN AIR ASIN
Pada daerah rawa yang banyak terdapat di bagian  belahan bumi utara, merupakan habitat spesifik yang substraknya tersusun atas gambut. Tumbuhan –tumbuhan dalam perairan daerah pedalaman yang sangat tinggi kadar garamnya, faktor yang determinan ternyata adalah reaksi yang masam , ditambah dengan rendahnya kadar garam dan melimpahnya koloid humus yang terdapat dalam larutan.
 

HIDROSERA

Hidrosera dimulai di perairan yang dalam yang lambat laun menjadi dangkal dengan terjadinya endapan berbagai bahan yang lumpur lunak yang diendapkan. Didalamnya tercakup sumbangan dari plankton dan pleston.yang tampak pertama sebagian bagian utama yag normal dalam suatu hidrosera adalah tahap di bawah air. Jenis- jenis tumbuhan yang dominan adalah dari tipe rumput Pragmites communis, sejenis welingi , ekor kucing ,ekor kuda air dan berbagai teki air atau rumput kertas terletak di sungai- sungai daerah tropik. Karena didsalam air lebih sulit untuk mendapat mendapat oksigen daripada di udara, dan lebih sukar lagi tumbuhan di dalam lumpur yang tergenang air, maka tumbuhan air dan tumbuhan rawa mempunyai sistem saluran udara  yang disebut aerenkima.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar